Minggu, 08 September 2013

LUTHER KOMBONG

Tongkonan Sangtorayan  adalah sebuah proyek pembangunan rumah adat Toraja dan Lumbung (alang) yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta KM 08 (jalan Samarinda - Balikpapan).

Gagasan pembangunan Tongkonan Sangtorayan ini diprakarsai oleh Bpk. Luther Kombong, yang bertujuan untuk :
  1. Sebagai wadah berkumpulnya sesama Sangtorayan.
  2. Sebagai ajang promosi budaya dan adat istiadat Tana Toraja.
  3. Sebagai tempat untuk beribadah, melaksanakan upacara Rambu Solo' dan Rambu Tuka', kesenian, dan berbagai hal lainnya.
  4. Sebagai pemersatu sesama Sangtorayan. 
Dari gagasan tersebut, Luther Kombong menghibahkan asetnya berupa tanah seluas 3 Ha, 1 unit rumah adat Toraja, pematangan lahan, dan fasilitas-fasilitas lainnya yang nilainya kurang lebih 2 milyard.

Saat ini telah terbangun 1 unit rumah adat Toraja dan 2 unit Lumbung (alang) yang telah dibangun oleh kerukunan Kesu' Nonongan dan kerukunan Salu Sopai, serta akan disusul lagi pembangunan Alang dari kerukunan-kerukunan lainnya, sehingga di perkirakan jumlah Alang yang akan dibangun kurang lebih sebanyak 20 unit, ditambah 2 unit rumah Toraja dan 1 unit gedung beribadah.

Luther Kombong mendirikan satu yayasan yang dinamakan Yayasan Sangtorayan, yang akan menangani pembangunan di lokasi tersebut, sehingga jelas bahwasanya Tongkonan tersebut adalah milik semua orang toraja yang ada di Kalimantan Timur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar